Friday 20 May 2016

Kandungan Gizi Buah Pisang

Kandungan Gizi Buah Pisang



Buah Pisang dalam bahas latin (Musa paradisiaca) adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia untuk alasan yang baik. Buah kuning berbentuk agak melengkung yang dibungkus dengan segudang gizi besar. Pisang tumbuh setidaknya disekitar 107 negara dan menempati peringkat keempat di antara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter dan termasuk buah yang paling mudah di dapat, terutama di Indonesia, baik dalam bentuk aslinya atau sebagai kandungan dalam produk olahan makanan seperti roti, sereal, jus, makanan ringan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak ada asalan bagi siapapun untuk tidak mengambil manfaat kesehatan yang adad di dalam Kandungan Buah pisang, karena buah ini memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan Tubuh secara umum. Tanpa Panjang Lebar Berikut daftar kandungan zat gizi buah pisang per 100 gr:

Kandungan Gizi Buah Pisang 

Kandungan Gizi Buah Pisang

  • Kalori 88 kcal
  • Karbohidrat 23 gr
  • Protein 1,1 gr
  • Lemak 0,3 gr
  • Lemak tak Jenuh ganda 0,1 gr
  • Natrium 1 mg
  • Kalium 358 mg
  • Serat 2,6 gr
  • Gula 12 gr
  • Vit.A 64 IU
  • Vit.B6 0,4 mg
  • Vit.C 8,7 mg 
  • Kalsium 5 mg
  • Zat besi 0,3 mg
  • Magnesium 27 mg

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pisang kesehatan tubuh: 

Sebagai Sumber energi 

Karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, buah pisang termasuk mampu menyediakan energi yang sangat baik bagi tubuh. Secara umum zat gizi tinggi yang dikandung oleh buah pisang seperti karbohidrat, kalsium, magnesium, vitamin C dan juga vitamin B6 akan memberikan banyak efek positif bagi tubuh. 
buah Pisang juga mengandung tinggi serat, sehingga membuat anda merasa Kenyang lebih lama. Satu atau dua buah pisang lebih baik untuk mengisi kembali energi tubuh. Itu lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman berkafein tinggi atau snack yang manis. Itulah mengapa buah pisang disarankan dalam menu program diet, baik untuk menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan maupun diet untuk mengontrol penyakit diabetes militus dan hipertensi. 
serta kandungan Vitamin B6 dalam buah pisang ini adalah sumber vitamin B6 yang tinggi. Satu buah pisang mampu memenuhi 35% asupan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Vitamin B6 ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mencegah infeksi. Serta, tubuh membutuhkan vitamin B6 untuk membentuk sel baru. Menambahkan pisang dalam menu diet perharinya, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. buah pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat badan, menjaga perut tetap sehat dan normal, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata. 

Dapat dijadikan sebagai yang menjalankan Program Diet

seperti yang dijelaskan sebelumnya diatas, bahwa buah pisang sangat baik dikonsumsi saat sedang melakukan program diet. buah Pisang bebas akan lemak dan kolesterol, namun tinggi akan serat. Buah ini merupakan asupan paling cocok sebagai “porsi kecil dengan zat gizi tinggi”, yang diberikan untuk orang yang harus menurunkan berat badan secara ekstrim, atau karena sakit dan kesulitan untuk mencerna makanan biasa. 

Kesehatan pencernaan 

Pisang dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat diare atau konstipasi (susah buang air besar). Kandungan kalium tinggi yang terdapat pada buah pisang mampu mengisi kembali cairan elektrolit dalam tubuh yang sangat mudah habis saat terkena diare, serta mencegah dehidrasi. Selain itu, pisang dapat mengatasi masalah susah buang air besar dan memperlancar kembali saluran percernaan melalui pektin (pectin). 

Membantu Menurunkan tekanan darah 

Kandugan kalium yang tinggi yang terdapat pada pisang mampu menurunkan level tekanan darah seseorang, sekaligus memperkecil resiko penyakit jantung dan stroke. Sehingga anda terhindar dari resiko penyakit yang memang mematikan ini. 


Mengontrol Sistem saraf dan jantung 

Kalium dalam buah pisang sangat penting bagi sistem saraf dan konstraksi otot, serta sangat penting bagi sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan sistem pengendali detak jantung. Kekurangan kalium dalam darah (hipokalemia) dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi pada jantung, tepatnya pada irama detak jantung. 

Menjaga Kesehatan tulang 

Kalium yang terdapat pada pisang, selain membantu menurunkan tekanan darah, juga mampu menjaga kesehatan tulang secara Keseluruhan. Kandungan Fructooligosaccharide (FOS) sangat membantu dalam proses penyerapan zat gizi, terutama kalsium. Penyerapan kalsium yang baik akan memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis

Buah Pisang Bisa Meningkatkan "mood"

Selain dapat mengatasi penyakit pencernaan dan jerawat, buah pisang juga bermanfaat untuk membantu meningatkan suasana hati sehingga mood selalu stabil dan terus positif setiap saat. Jadi jika anda sedang galau, banyak pikiran konsumsi pisang solusi terbaik terkecuali konsumsinya belum mencukupi kebutuhan kalori anda perharinya initinya bagi anda yang sedang menjalankan program diet bukan berarti anda mengkonsumsi berlebihan.

terimakasih sudah membaca semoga artikel kandungan gizi buah pisang ini membantu anda semua..

No comments:

Post a Comment