Sunday 22 May 2016

Kandungan Gizi Buah Mangga

Kandungan Gizi Buah Mangga
Buah Mangga dengan bahasa latin Mangifera indica ini bisa dengan mudah dijumpai di negara Indonesia. Buah Mangga memang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Dari sinilah termasuk Indonesia, Buah mangga didistribusikan ke seluruh dunia dan menjadi salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan di kawasan tropis.
Indonesia sendiri merupakan negara penghasil Buah mangga terbesar keempat di dunia di bawah India, Tiongkok, dan Thailand pada 2014 lalu. Permintaan konsumen terhadap Buah mangga memang cukup tinggi. Selain rasanya yang manis dan segar, berbagai manfaat mangga untuk kesehatan bisa Anda dapatkan. Buah Mangga juga bisa dionsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus atau berbagai masakan lainnya.

Kandungan Gizi Buah Mangga Per 100 gr

Kandungan Gizi Buah Mangga
  • Kalori 59 kcal
  • Protein 0,8 gr
  • Karbohidrat 15 gr
  • Lemak 0,4 gr
  • Lemak Tak Jenuh Ganda 0,1 gr
  • Lemak Tak Jenuh Tunggal 0,1 gr
  • Natrium 1 mg
  • Kalium 168 mg
  • Serat 1,6 gr
  • Gula 14 gr
  • Vit.A 1.082 UI
  • Vit.B6 0,1 mg
  • Vit.C 36,4 mg
  • Kalsium 11 mg
  • Zat Besi 0,2 mg

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Berbagai manfaat kesehatan bisa Anda dapatkan dari buah mangga, seperti tercantum di bawah ini:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin yang paling menonjol dari Buah mangga adalah vitamin A dan C. Keduanya diketahui sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Vitamin A diperlukan dalam mempertahankan kesehatan membran mukosa yang termasuk sistem pertahanan tubuh terluar. Buah Mangga juga mengandung beta karoten, karotenoid kuat yang membantu melindungi tubuh dari bakteri dan racun.

Melancarkan pencernaan

Buah Mangga memainkan peran penting dalam mengatasi masalah pencernaan dan kelebihan asam. Enzim pencernaan di dalam Buah mangga membantu melancarkan pencernaan secara alami, ditunjang dengan tingginya kandungan serat dan air. Senyawa bioaktif dalam Buah mangga seperti ester, terpenes, dan aldehil berkontribusi meningkatkan nafsu makan dan fungsi sistem pencernaan.

Membantu mengontrol Berat badan  

Karena Buah Mangga kandungan serat yang cukup tinggi dan juga kandungan berbagai vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh. Program Diet memang banyak dilakukan orang untuk menurunkan berat badan. Buah  Mangga dapat dijadikan menu dalam program diet karena Buah mangga dapat menghasilkan energi tanpa membuat berat Badan anda bertambah dan perlu diingat porsi untuk mengkonsumsi buah mangga ini sebaiknya di atur, Karena memiliki kalori cukup tinggi yang berasal dari gula di dalamnya. Sekitar 100 gr buah mangga mengandung 89 kalori yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Buah Mangga juga mengandung zat tepung yang dapat berubah menjadi gula Sehingga bagi anda yang mengkonsumsi yang tidak terukur juga bisa membantu menambah berat badan anda.

Mengontrol tekanan darah dan menyehatkan jantung

Kandungan potassium dan magnesium di buah mangga baik bagi para penderita hipertensi. Potasium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Sekitar 100 g Buah mangga mengandung 156 mg potassium sedangkan sodiumnya hanya 2 mg. Diet dengan peningkatan asupan potassium dan pengurangan sodium sangat dianjurkan untuk orang-orang yang ingin mencegah penyakit jantung. Buah  Mangga pun memiliki pektin, serat larut yang berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Pencegahan Penyakit Kanker

Pektin juga membantu mencegah pengembangan kanker prostat. Penelitian yang dilakukan Institute for Food Research menemukan bahwa ada senyawa di dalam pektin bisa mengikat dan menghambat kerja galektin 3 (protein yang berperan penting di seluruh tahap perkembangan kanker).
European Prospective Investigation of Cancer juga mengungkap kaitan erat antara konsumsi Buah mangga dengan penurunan risiko kanker gastrointernal. Penelitian lain dari Texas Agrilife Research mengatakan bahwa antioksidan polifenol dalam Buah  mangga menawarkan perlindungan terhadap kanker darah, dan paru-paru, serta yang paling efektif terhadap kanker usus dan kanker payudara.

Mengatasi Anemia dan baik untuk kehamilan

Buah Mangga mengandung zat besi yang baik bagi penderita anemia. Konsumsi Buah mangga secara teratur dalam jumlah cukup membantu mengatasi anemia dengan meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Mangga yang telah masak pun baik untuk ibu hamil yang membutuhkan banyak zat besi, vitamin C, B6, potasium, dan asam folat.
Tingginya serat dalam buah mangga dapat mencegah konstipasi. Buah Mangga juga menyediakan banyak kalori yang diperlukan di trisemester pertama kehamilan. Meski demikian, hati-hati dalam memilih buah  mangga yang telah masak. Pilihlah buah mangga yang masak secara alami, bukan karena bahan kimia yang bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Meningkatkan fungsi otak

Vitamin lain yang dimiliki buah mangga adalah B-6 yang penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu proses penggabungan utama yang mempengaruhi mood dan modifikasi pola tidur. Asam glutamin dalam otak juga membantu meningkatkan konsentrasi dan menguatkan daya ingat.

Pencegahan penyakit Asma

Risiko perkembangan asma diketahui lebih rendah pada orang-orang yang mengonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah tinggi. Salah satunya adalah beta karoten yang terdapat di dalam buah mangga. Buah ini juga telah digunakan sebagai obat tradisional di Tiongkok untuk mengobati penyakit terkait inflamasi termasuk asma, demam, gusi berdarah, batuk, konstipasi, mual, dan masalah pencernaan.

Mengontrol dan mencegah Diabetes Melitus

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut, namun beberapa studi mengungkap bahwa buah mangga baik digunakan untuk mengontrol diabetes. Salah satunya dilakukan oleh Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), yang mengatakan bahwa konsumsi buah mangga setiap hari membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap normal.
Studi lain dari Oklahoma State Uniersity menemukan bahwa konsumsi buah mangga membantu menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan toleransi glukosa pada tikus percobaan. Percobaan yang sama menemukan bahwa buah mangga membantu menormalkan kadar lipid dalam darah, yang dapat mencegah perkembangan penyakit kardiovaskular. Meski demikian, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi buah mangga karena tingginya kandungan gula di dalamnya.

Mencegah degenerasi makula

Antioksidan zeaxanthin yang ada di dalam buuah mangga membantu menyaring sinar biru berbahaya. buah Mangga juga banyak mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Mengonsumsi 3 porsi atau lebih buah mangga dan buah-buahan lain setiap hari juga dapat menurunkan risiko perkembangan degenerasi makula yang terkait dengan penambahan usia.

Memperlambat penuaan

Tidak hanya pada tubuh, manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit juga bisa Anda dapatkan. VitaminA dan VitaminC dalam buah mangga membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen dapat melindungi pembuluh darah dan jaringan penghubung lainnya, sehingga memperlambat proses penuaan. buah Mangga juga mengandung berbagai polifenol dan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan kandungan tersebut, buah mangga pun baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat yang biasanya menjadi momok pada kaum wanita.

Terimakasih telah membaca artikel Kandungan Gizi Buah Mangga ini semoga membantu anda semua... 

No comments:

Post a Comment