Tuesday 17 May 2016

Kandungan Gizi Buah Melon


Kandungan Gizi Buah Melon
Buah melon mempunyai nama latin (Cucumis melo) dan termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah Melon dengan Buah semangka dan blewah memiliki kesamaan namun nilai gizi yang berbeda. Sejak masuk ke pasar Indonesia pada tahun 70-an, buah melon langsung menyandang predikat sebagai buahnya orang petinggi karena harganya yang mahal dan masih jarang ditemukan. dan saat ini, buah melon sudah dibudidayakan di Indonesia sehingga semua orang dari berbagai kalangan masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga relatif lebih murah jika dibandingkan jaman dulu kala.


Buah melon cukup digemari karena rasanya yang manis dan segar. Selain dikonsumsi secara langsung, buah yang satu ini juga sering diolah menjadi Jus dan minuman segar lainnya, dan buah melon ini bisa dijadikan campuran dalam aneka minuman seperti koktail.

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa dibalik kesegarannya, buah melon mengandung banyak zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. jadi bagi anda yang sudah mengkonsumsinya, boleh merasa beruntung karena kandungan zat gizi dalam buah melon ini, berikut ini beberapa kandungan Gizi  Buah melon per 100 gr ;

Kandungan Gizi Buah Melon


    Kandungan Gizi Buah Melon
  • Energi 33 kcal
  • Protein 0,8 gr 
  • Lemak 0,2 gr
  • Lemak Jenuh 0,1 gr
  • Lemak Tak Jenuh Ganda 0,1 gr
  • Karbohidrat 8 gr
  • Serat 0,9 gr
  • Gula 8 gr
  • Natrium 16 mg
  • Kalium 267 mg
  • Kalsium 9 mg
  • Vit.A 3.382 IU
  • Vit.B6 0,1 mg
  • Vit.C 36,7 mg
  • Zat Besi 0,2 mg
  • Magnesium 12 mg

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Kandungan gizi buah melon memang cukup lengkap. Maka tidak heran jika buah segar ini juga memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan.

Dapat Menjadi Solusi Diet 
Bagi Anda yang menjalani program diet buah melon ini sanagat cocok dikonsumsi, Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini memiliki zat gizi rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sebagai faktor pendukung menurunkan berat badan maupun mengecilkan perut mengurangi lemak dalam perut tentunya tidak lepas dari bantuan olah raga.


Membantu Perawatan Kulit 

Anda pasti sudah mengetahui istilah kolagen. kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Buah melon tinggi akan kolagen sangat bagus untuk kecantikan kulit. kolagen adalah sejenis protein yang digunakan pada permukaan kulit dan untuk senantiasa menjaga kekencangan kulit, juga  sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat lebih awet muda.Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit.


Dapat Menjadi Anti Kanker

Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lainnya, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan penyakit kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan penyakit kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara penyakit yang sudah merata di indonesia.



Membantu Menjaga Kesehatan Mata
Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim.


Mencegah Impotensi

Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengancitrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah dalam tubuh, terutama aliran darah yang menuju ohrgan vital. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ vital menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi).


Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif mencegah serangan penyakit kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan penyakit jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan penyakit jantung dan stroke.

Terimakasih sudah Membaca artikel Kandungan Gizi Buah Melon ini semoga membatu anda...

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. thanks for your information
    https://dtwodietsehat.com/

    ReplyDelete