Sunday 22 May 2016

Kandungan Gizi buah Kelapa Muda



Kandungan Gizi Buah Kelapa Muda



Buah Kelapa Muda (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia Termasuk pesisir pantai di Indonesia.

Siapa yang tidak mengenal Buah kepala muda, buah yang satu ini tentu banyak peminatnya. Selain segar di tenggorongkan, tentunya memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Umumnya kelapa ini memang masih muda pada bagian kulit luar dan tekstur dagingnya. Buah ini juga banyak dikonsumsi sebagai minuman segar yang bisa ditemui di pesisir pantai atau daerah perkotaan. tapi jangan Kaget, kelapa ini umumnya memang memiliki harga yang tidak murah, jika memang sedang musiman, Buah kelapa muda bisa Tinggi harganya. Namun peminat dari kelapa ini memang tidak pernah surut. dengan Kandungan Gizi yang ada pada buah ini melainkan pada daging dan air buah kelapa ini sangat lah menarik untuk diketahui serta Manfaat yang didapat pun juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh, mengkonsumsi jenis kelapa ini membuat tubuh menjadi segar dan bebas dari penyakit. Berikut daftar zat gizi buah kelapa muda ini per 100 gram:

Kandungan Gizi Buah Kelapa Muda per 100 gr:


Kandungan Gizi Buah Kelapa Muda
  • Energi 36,04 kcal
  • Protein  0,53gr
  • Lemak 0,48 gr
  • Karbohidrat 7,42 gr
  • Vit.C 2,12 mg
  • Kalsium 3,71 mg
  • Zat Besi 0,53 mg
  • Fosfor 15,9 mg
  • Air 44,15 gr
  • Mineral 0,42 gr

Manfaat Kandungan Gizi Buah Kelapa Muda

Disini saya bedakan manfaat yang ada pada buah kelapa muda antara air dan dagingnya berikut aneka manfaat buah kelapa muda ini pada kesehatan tubuh manusia:

Manfaat Daging Buah Kelapa


Yang terkandung dalam daging buah Kelapa Muda ini sekitar 90% merupakan asam lemak jenuh dan 105 asam lemak tak jenuh. Meskipun mengandung asam lemak jenuh, namun minyak Kelapa memiliki rantai karbon sedang sehingga mudah dicerna oleh tubuh. 
Asam lemak rantai sedang lebih baik dibandingkan asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa adanya proses hidrolisis dan enzimatis. 
Sedangkan minyak yang memiliki rantai karbon yang panjang harus melalui beberapa tahapan dulu untuk diproses di dalam pencernaan manusia sebelum akhirnya dapat diserap dinding usus lewat beberapa proses yang panjang. 
Asam lemak rantai sedang juga tidak diubah menjadi lemak atau kolesterol serta tidak memengaruhi kolesterol darah. Dan yang terkait dengan manfaat dari daging buah kelapa muda ini yaitu, asam lemak rantai sedang ini berkemampuan secara spesifik sebagai anti-fungsi, anti-protozoa, anti-bakteri, dan juga anti-virus.

Manfaat Air Buah Kelapa


Membantu Memperlancar Pencernaan

Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak

Sebagai Penetralisasi Racun 

Air kelapa memunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat, di antaranya minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap oleh darah.

Dapat menghilangkan Jerawat dan Flek Noda Hitam

Bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif akan polusi udara yang memang dapat menyebabkan munculnya jerwat pada wajah sebaiknya jika anda Mencuci muka dengan air kelapa secara berlanjut tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat yang yang mengganggu anda sehingga anda tidak PD, selain itu airkelapa ini juga dapat membersihkan noda-noda hitam, serta kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, tentunya anda menginginkan  wajah anda menjadi tampak berseri-seri iya tidak? jika anda menginginkannya maka cara ini bisa membantu anda.

Membantu Mengobati Luka Luar

Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuan dari air kelapa memang mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

Pulihkan Rasa Pusing akibat Alkoholik

Mabuk karena mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih harus segera dinetralkan. Caranya dengan minum air, baik air mineral maupun air kelapa. Sebenarnya, untuk meredakan rasa pusing akibat mabuk sebaiknya minum air yang mengandung gula. Tujuannya agar gula bisa cepat masuk ke pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dapat dinetralkan kembali. jika tidak ada air kelapa Muda air gula pun sama saja halnya memulihkan Rasa pusing akibat alkohol yang berlebihan.

Membantu melancarkan BAB

Hal ini sering disalah artikan Banyak orang. Minum air kelapa Muda secara berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan diare. Ini bukan cara tepat dan sehat untuk bisa mendapatkan berat tubuh ideal. Sebaliknya, air kelapa bisa dijadikan stimulan bagi anda yang susah buang air besar karena dapat membantu melancarkan saluran cerna.


Membantu Mencegah Batu Ginjal

Hal pertama yang dapat dilakukan guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal adalah cukup mengonsumsi air atau cairan. Cairan bisa diperoleh dari air kelapa, air mineral, dan lainnya. Ada benarnya, baik air kelapa maupun air mineral, dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Namun, air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal.

Mencegah dehidrasi

Kekurangan cairan akan menyebabkan terjadinya dehidrasi yang bisa berakibat fatal (terutama pada bayi). Pada keadaan demikian, pemberian air putih saja tidak cukup. Demikian juga pada keadaan kehilangan cairan karena olahraga (banyak keringat keluar). Diperlukan elektrolit. Air kelapa yang kaya kandungan elektrolit, bisa menolong Anda dari dehidrasi



Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem imun dibentuk antara lain dari protein. Dengan kandungan protein yang rendah, maka kemungkinan untuk dapat membentuk antibodi juga rendah. Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan zat anti bakteri, antivirus, dan anti jamur. Dalam jumlah kecil air kelapa juga mengandung glutamin dan arginin yang mampu membantu melawan virus. sehingga air kelapa juga bisa Anda gunakan untuk membangun sistem kekebalan tubuh anda



Sekedar memberitahukan jika ada yang beranggapan "Air Buah Kelapa muda Lebih Bergizi ketimbang Susu Full Cream”??
Anggapan ini tidak benar. jika Dibandingkan dengan air kelapa, susu (baik yang full cream maupun tidak) tinggi akan protein, lemak, karbohidrat, dan gula. Selain itu, susu juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, potasium, sodium, serta magnesium, sedangkan air kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja jadi dilihat dari kandungan zat gizinya sudah berbeda apalagi manfaat dari masing-masing nya.

Terimakasih telah membaca artikel Kandungan Gizi Buah Kelapa Muda ini semoga membantu anda semua.

No comments:

Post a Comment